Sabtu, 16 Juli 2011

Membasmi Virus New Heur Level 9

Hiks... hiks... entah mengapa komputer saya tiba-tiba menjadi aneh. Setelah saya cek, ternyata ada virus. Dan lebih mengenaskannya lagi virus tersebut berasal dari komputer di sekolah saya tercinta. Setelah saya cek menggunakan antivirus Smadav diketahui nama virus tersebut New Heur Level 9 namanya aja lv 9 pasti mengerikan ya?? hehe.... setelah browsing ke internet untuk mencari solusinya namun hasilnya tidak begitu baik.

Dampak yang ditimbulkan oleh virus ini adalah menonaktifkan sistem pertahanan komputer seperti firewall, anti virus, serta sistem penting komputer lainnya. Dan lebih hebatnya lagi virus ini tidak dapat dihapus oleh anti virus apapun sekaliber avira, avg, dll karena biasanya klau virus ini menyerang maka anti virus seperti avira dll dinonaktifkan sehingga menyulitkan kita dalam proses pembersihan.
Namun setelah saya browsing beberapa lama. Saya temukan solusinya... ternyata virus tersebut dikendalikan oleh sebuah autorun.inf yang tersembunyi di hardisk kita. Sangat sulit untuk membasminya karena ketika kita akan mengatur tampilan folder agar menampakan semua file tersembunyi, tapi virus tersebut mengembalikan semuanya ke mode hidden. Huh menjengkelkan....

Berikut cara-cara membasmi virus tersebut. melalui pengalaman pribadi
1. restart komputer anda.(saya menganjurkan dishutdown dulu baru dinyalakan kembali)
2. setelah dinyalakan kembali. bergegas pergi ke pengaturan folder dan temukan bos dari virus tsb yaitu autorun.inf.
3. buka autorun.inf tsb kemudian hapus dan ganti tulisan di dalam autorun.inf tersebut sesuka kalian. hal ini bertujuan untuk merusak order/perintah bos terhadap virusnya.
4. klo semua tahap sudah maka virus tak akn bekrja lagi dan saatnya dibersihkan dengan antivirus.
dari beberapa sumber yang saya baca antivirus yang baik buat menghapus ini virus yakni Malwarebites.

sekian ^_^ semoga berhasil....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer